10 Trik Merawat Kamera DSLR

10 Trik Merawat Kamera DSLR
Buat anda yang memiliki hobi dalam dunia fotografi, kamera pasti sudah menjadi salah satu teman terbaik bagi anda. Kamera digital seperti halnya barang elektronik lainnya, memerlukan perawatan yang ekstra. Hal ini dikarenakan kamera-kamera tersebut memiliki komponen-komponen elektronika yang sensitif dan mudah rusak bila kita ceroboh memegangnya. Berikut ini adalah cara merawat kamera DSLR :

Jagalah kebersihan lensa

Cara termudah untuk membersihkannya adalah dengan mengunakan cairah pembersih khusus yang disemprotkan pada permukaan lensa secara rutin. Jangan langsung menyemprotkan cairan pembersih ke lensa namun semprotkan terlebih dulu ke kain microfiber untuk selanjutnya diusapkan ke lensa hingga bersih.

Tempat penyimpanan kamera

Hal penting yang harus diperhatikan adalah cara penyimpanannya. Indonesia merupakan negara tropis dengan udara yang lembab akan mengakibatkan kamera anda berjamur. Agar tidak berjamur, idealnya simpan kamera anda dalam suhu antara 40 hingga 60 derajad celcius. Untuk mensiasatinya, simpanlah kamera anda saat tidak digunakan dalam waktu lama pada sebuah box kedap udara.

Jauhkan kamera dari air

Jangan biarkan kamera anda sampai basah kecuali kamera anda benar-benar waterproof atau water-sealed. jika kamera anda tidak tahan air, maka hindari tempat-tempat yang mengandung air sebab bisa merusak komponen yang ada di dalamnya.

Pakailah filter untuk melindungi lensa anda

UV Filter adalah pilihan tepat untuk melindungi lensa anda tanpa mempengaruhi hasil jepretan. Dengan memasang filter, proses untuk membersihkan debu akan jauh  lebih mudah. Berbeda dengan membersihkan lensa yang perlu ketelitian dan perlakuan ekstra hati-hati, membersihkan filter cukup simpel. Anda bisa mengusapnya dengan kain bersih untuk menghilangkan debu, dan tidak perlu terlalu berhati-hati sejauh filter tidak tergores.

Dengan memasang filter di lensa, anda tidak perlu bolak-balik membuka tutup lens cap begitu selesai mengambil satu jepretan. Jika filter terpasang, anda tidak perlu khawatir membiarkan kamera tanpa lens cap, sepanjang durasinya tidak terlalu lama.

Kalungkan selalu shoulder/neck strap saat mengambil gambar

Shoulder dan neck strap untuk mencegah kamera anda jatuh dan rusak permanen. Saat mengambil suatu obyek selalu kalungkan neck strap pada leher anda, bila mendadak ada suatu hal yang membuat kamera terlepas dari genggaman anda, neck strap akan menyelamatkan kamera anda.

Gunakan lens hood

Lens hood tidak hanya dipakai untuk kamera anda terlihat keren seperti halnya profesional. Lens hood berfungsi untuk mencegah cahaya berlebih yang masuk ke sensor kamera, yang dalam jangka panjang akan bisa merusak kepekaan sensor. Oleh karena itu, dalam kondisi matahari yang terik, sangat disarankan untuk memasang lens hood pada kamera DSLR anda.

Merawat baterai

Baterai merupakan sumber daya untuk menghidupkan kamera, perawatan yang baik akan memperpanjang usia pemakaian baterai kamera anda. Beberapa hal yang perlu diperhatikan:

- Jangan membeiarkan baterai terpapar pada suhu ekstrem diatas 43 C, karena akan dapat menimbulkan kerusakan permanen pada baterai. Taruhlan baterai pada tempat yang sejuk dan kering
- Jangan mencharge baterai secara berlebihan. Bila charger telah menunjukkan baterai telah terisi penuh, segera cabut.
- Charge baterai sebelum maupun sesudah penyimpanan dalam jangka waktu lama. Dipakai atau tidak, baterai akan mengalami proses pelemahan, agar tetap awet maka baterai perlu diisi kembali.
- Lepaskan baterai dari kamera bila tidak digunakan dalam jangka waktu yang lama.
- Jangan mencampur penggunaan baterai kama dan baru, termasuk mempergunakan baterai dengan merk yang berbeda-beda.

Hati-hatilah saat memotret di laut

Kandungan garam air laut bersifat korosif bagi komponen logam yang ada dalam kamera maupun lensa sehingga berpotensi menghasilkan karat. Sesudah memotret di dekat laut, segera bersihkan kamera dengan lap yang sedikit dibasahi untuk menghilangkan sisa garam yang menempel di kamera, sedikit saja dan jangan terlalu banyak. Setelah itu usap lagi dengan lap sehingga benar-benar kering.

Perhatikan perubahan arus listrik

Setiap kamera memiliki komputer di dalamnya. Hal ini berarti kamera anda cukup rentan dengan adanya perubahan arus listrik secara mendadak. Jika anda ingi menghubungkan kamera anda dengan komputer, pastikanlah anda telah mematikan kamera terlebih dulu sebelum melepas baterai dan kartu memori.

Selalu perhatikan suhu serta kelembaban

Kondisi yang terlalu lembab serta perubahan suhu yang terlalu ekstrem bisa membuat kamera anda berjamur, Untuk itu pastikanlah kamera anda tersimpan rapat ke dalam plastik atau plastik kedap udara (ziplock bag). Dalam penyimpanan, selalu jaga kamera di level 40-45% dan jika memungkinkan, masukkanlah kamera DSLR anda ke dalam dry box. Hindarilah meninggalkan kamera di dalam mobil dalam waktu yang lama, apalagi bila mobilnya terkena panas matahari secara langsung. Kamera memiliki rentang suhu aman dan akumulasi panas di dalam mobil beresiko melebihi rentang tadi.

Post a Comment

Previous Post Next Post